Sunday, 15 September 2019 | 15.29 WIB
Metro24Jam>Life>Korea Selatan Bakal Jajaki Penggunaan Robot Seks di Rumah Bordil

Korea Selatan Bakal Jajaki Penggunaan Robot Seks di Rumah Bordil

Monday, 5 November 2018 - 09:26 WIB

KORSEL, metro24jam.com – Rumah pelacuran atau biasa disebut rumah bordil mulai dipengaruhi perkembangan teknologi. Di beberapa belahan dunia, bisnis prostitus itu tak lagi dikerjakan manusia, melainkan robot seks.

Seiring perkembangan teknologi kepintaran buatan atau artificial intelligence (AI), robot seks dirancang agar semakin mirip dengan manusia. Bahkan, bisa memberikan tanggapan ketika diajak berinteraksi. Hasilnya, manufaktur robot seks pun bermunculan satu per satu.

Di beberapa titik di Eropa dan Kanada, beberapa tempat sudah menawari layanan bercinta dengan robot. Dan sebagai salah satu negara dengan perkembangan teknologi yang maju, Korea Selatan juga dianggap akan mulai menjajaki bisnis ini.

Menurut laporan The Korea Times, seperti dikutip kumparan.com, Senin (5/11/2108), Negeri Ginseng tersebut tidak akan bisa menghindari mulai merambahnya teknologi dalam bisnis prostitusi.

Beberapa pendukung bisnis ini mengatakan robot seks bisa memiliki dampak positif, seperti mengurangi jumlah pekerja seks komersial dan membantu penyandang disabilitas untuk bisa menikmati kepuasan seksual yang sama seperti orang lain.

Meski begitu, ide ini memang masih menuai kontroversi di kalangan masyarakat. Ada juga kelompok yang menentang bisnis prostitusi dengan robot seks karena dianggap akan menggantikan peran wanita serta membuat hubungan antara pria dan wanita jadi tidak manusiawi.

Di Korea Selatan sendiri, robot seks saat ini masih dilarang untuk diimpor yang tertera dalam aturan bea cukai di sana. Robot seks dianggap dapat mengganggu keamanan publik dan merusak moral warga.

Namun, The Korea Times melaporkan warga Korea bisa memesan robot seks secara online. Ada beberapa robot seks yang diproduksi lokal di sana dan dijual di dunia maya.

Meski dilarang dalam aturan impor barang, tapi tidak ada aturan yang melarang menciptakan dan menjual robot seks.

Oleh karena itu, ahli melihat ada kemungkinan jika prostitusi robot akan dibuka di Korea Selatan.

“Aspek positif dari robot seks adlaah mereka dapat membantu mengurangi angka perempuan yang menjadi PSK ilegal,” ujar Kang Dong-woo, Direktur Korean Institute for Sexual and Couple’s Health (KISCH). KISCH adalah sebuah klinik privat untuk konseling seks di Seoul.

Bahkan, Kang juga yakin jika robot seks nantinya bisa mengurangi angka pelecehan dan penyakit seksual menular.

Kang berpendapat robot seks bisa memberikan pengalaman seksual bagi orang-orang yang tidak bisa meraihnya lewat hubungannya dengan manusia.

Namun, di sisi lain tidak sedikit juga yang mengkritik hadirnya robot seks yang dianggap akan membuat penggunanya jadi lebih sulit membangun hubungan emosional dengan orang sebenarnya.

Hal ini disampaikan oleh Youn Ga-hyun, seorang profesor psikologi di Chonnam National University.

“Robot seks silikon mungkin baik untuk kepuasan seksual. Tapi kita harus menyadari adanya efek samping ketika robot seks benar-benar menyerupai kita,” ujar Youn.

Ia menegaskan, harus ada batasan umur bagi pengguna robot seks. Jangan sampai anak-anak di bawah umur sudah bisa mengakses perangkat tersebut. Selain itu, sejumlah pihak juga berpendapat robot seks sudah perlu dibuatkan regulasinya di Korea Selatan. Untuk saat ini, peluang robot seks dilegalkan sebagai alat prostitusi memang masih jauh dari kenyataan. (kc/asp)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
75 Tahun Terpisah Usai Perang Dunia II, Veteran Asal AS Temukan Kekasih Prancisnya Lagi
- Thursday, 13 June 2019 - 11:15 WIB

75 Tahun Terpisah Usai Perang Dunia II, Veteran Asal AS Temukan Kekasih Prancisnya Lagi

Seorang veteran Perang Dunia II Amerika Serikat akhirnya bertemu kembali dengan pujaan hatinya yang telah lama menghilang--75 tahun setelah mereka ...
Remaja Inggris Ini Jadi Milyarder Setelah Belajar Dagang Mata Uang Asing dari YouTube
- Monday, 10 June 2019 - 22:41 WIB

Remaja Inggris Ini Jadi Milyarder Setelah Belajar Dagang Mata Uang Asing dari YouTube

Seorang remaja yang gagal mendapat nilai A saat kuliah menjadi jutawan setelah belajar cara berdagang mata uang asing lewat YouTube. ...
Keluarga Fantastis Ini Baru Saja Menyambut Bayi Nomor 21
- Saturday, 10 November 2018 - 11:23 WIB

Keluarga Fantastis Ini Baru Saja Menyambut Bayi Nomor 21

Eropa modern mungkin dikenal dengan tradisi sedikit anak. Tak sedikit warga di sana yang benar-benar tidak memikirkan untuk memiliki keturunan. ...
Drama Pemboman Fiktif Baghdad: Kisah Penyusupan Mata-mata Irak ke Markas ISIS dan Akhirnya Tewas Dieksekusi
- Monday, 27 August 2018 - 14:57 WIB

Drama Pemboman Fiktif Baghdad: Kisah Penyusupan Mata-mata Irak ke Markas ISIS dan Akhirnya Tewas Dieksekusi

Pada hari di mana empat bom telah mengguncang Baghdad, sebuah mobil penuh dengan bahan peledak yang siap menimbulkan banyak kematian, ...
Ide Unik di Jepang…! Acara Pemakaman Robot Anjing Sebelum Perangkat Kerasnya Didonorkan
- Tuesday, 29 May 2018 - 17:26 WIB

Ide Unik di Jepang…! Acara Pemakaman Robot Anjing Sebelum Perangkat Kerasnya Didonorkan

Di pinggiran Tokyo, satu kuil Buddha 'berpikiran maju' telah membuat kehebohan lewat ritual pemakaman bagi 'hewan peliharaan' yang sangat istimewa.Dalam ...
Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss
- Tuesday, 1 May 2018 - 14:36 WIB

Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss

Australia akan kehilangan salah satu ilmuwan terkenalnya dalam pekan ini. Itu, setelah akademisi David Goodall, hanya punya satu keinginan saat ...
Place your ads here...