Rabu, 24 Oktober 2018 | 10.45 WIB
Metro24Jam>Life>Tak Berkategori>Bayi Ini Selamat Setelah Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Bayi Ini Selamat Setelah Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Rabu, 13 Desember 2017 - 13:36 WIB

IMG-108

Bayi Vanellope mendapat perawatan intensif. (TheSun)

LEICESTER, metro24jam.com – Vanellope Wilkins menjadi bayi pertama di Inggris yang bisa bertahan hidup dengan kondisi jantung berada di luar tubuhnya.

Bayi yang baru lahir itu menjalani operasi pertama 50 menit setelah dilahirkan dan sekarang dalam kondisi yang cukup baik di Glenfield Hospital di Leicester.

Melansir TheSun, ayah sang bayi, Dean Wilkins, menceritakan detik-detik keajaiban, ketika bayi Vanellope dilahirkan dengan kondisi organ jantung berada di luar tubuhnya.

Wilkins dan pasangannya Naomi Findlay, menyadari betul beberapa menit pasca kelahiran sang bayi begitu penting, karena sebelumnya, mereka telah diperingatkan bahwa bayi itu hanya akan memiliki peluang hidup kurang dari sepuluh persen.

“Kami menahan napas, menunggu untuk melihat tarikan napas pertamanya. Kami tidak bernapas sampai dia menarik napas pertamanya. Saat dia menangis, kami menangis,” kata Dean.

“Dua puluh menit berlalu dan dia masih menggerakkan kepalanya. Itu membuat kami begitu menangis dalam kegembiraan,” imbuh Dean.

Vanellope sebelumnya diprediksi akan lahir pada malam Natal. Namun, dokter di Glenfield Hospital di Leicester memutuskan agar dia dilahirkan sebulan lebih awal, melalui operasi caesar.

Lima puluh petugas medis siaga dan sang bayi haru menjalani operasi pertama, untuk memasukkan tabung pernapasan dan saluran ke dalam jantungnya, saat dia masih berusia 50 menit.

Beberapa hari kemudian, dadanya dibuka untuk menempatkan jantungnya, yang kemudian kembali harus diletakkan di luar dadanya, untuk menghindari gravitasi selama dua pekan ke depan.

Operasi ketiga kemudian dilakukan untuk memasang pelindung jantung mirip tulang rusuk, dan menutupi area itu dengan kulit yang diambil dari bawah lengannya.

Dean dan Naomi menamai bayi petarung tersebut seperti tokoh dalam film Disney Wreck-It Ralph.

Bayi Vanellope bersama kedua orangtuanya. (TheSun)

Ibu tiga anak Naomi (31), mengatakan, “Vanellope dalam film itu adalah orang yang keras kepala dan dia berubah menjadi seorang putri pada akhir cerita, jadi sangat pas.”

Pasangan itu berencana memberi bayi mereka nama tengah Hope.

Bayi seberat 2 kg yang baru lahir dan sekarang sedang menjalani penyembuhan di Unit Perawatan Intensif Pediatrik rumah sakit Leicester itu adalah orang pertama di Inggris yang dapat bertahan hidup, dengan harapan satu banding 5 juta.

Kondisi itu dikenal dengan nama ectopia cordis, di mana sebagian atau keseluruhan jantung tumbuh di luar tubuh saat bayi berkembang di dalam rahim.

Dean dan Naomi sebelumnya sudah diperingatkan sejak awal akan kemungkinan itu terjadi pada putri mereka.

“Kesimpulannya, kemungkinan bertahan hidup tidak ada sama sekali. Satu-satunya pilihan adalah menggugurkanya [ketika itu]. Kami ditawari konseling,” ungkap Naomi, perempuan asal Bulwell, Notts County.

“Pada akhirnya saya hanya mengatakan, bahwa menggugurkan bukanlah pilihan bagi saya.”

Pengujian kemudian berlanjut untuk menunjukkan, bahwa, terlepas dari kondisi jantungnya, Vanellope sehat.

“Ketika hasil itu kembali disebutkan sebagai terendah dari kelainan apa pun, kami melompat-lompat di ruang tamu dan menangis,” kenang Dean.

“Kami memutuskan untuk berjuang dan memberi anak kami kesempatan terbaik untuk bertahan.”

Dean, yang sudah memilikinya dari hubungan sebelumnya, melanjutkan: “Saat dia lahir, saya tau bahwa kami sudah membuat keputusan yang tepat.”

“Beberapa ibu masih akan melakukan pengguguran, dan jika kita bisa melewati ini, tentu ada harapan bahwa itu bisa dilakukan sekaligus akan memberi kesempatan bagi semua ibu yang memiliki masalah sama,” imbuh Dean.

Saat ini, tenaga medis disebut semakin optimis bahwa Vanellope akan mematahkan kemungkinan sebelumnya.

“Dia (Vanellope) masih harus menempuh jalan yang panjang, tapi sejauh ini setidaknya dia sekarang memiliki kesempatan ke depannya,” kata Konsultan Anestesi, Dr Nick Moore.

Hanya 50 yang Pernah Bertahan
Para ahli mengatakan, kebanyakan bayi dengan kondisi tersebut akan meninggal dunia hanya dalam hitungan jam setelah kelahiran. Dua bayi dalam dekade terakhir, tidak mampu bertahan, meski sudah menjalani operasi, dan petugas medis mengatakan, tidak ada catatan Inggris yang lebih lama.

June Davison, Perawat Senior Jantung di Yayasan Jantung Inggris mengatakan: “Ectopia cordis adalah cacat bawaan yang sangat langka. Karena sangat jarang, hanya ada sedikit pilihan pengobatan.

“Prognosanya tergantung pada tingkat keparahan, lokasi dan kelainan lainnya. Meski dalam beberapa kasus ada perbaikan setelah bedah, ini tetap merupakan kondisi yang sangat serius dengan kesempatan bertahan yang rendah,” sebut June Davison.

Hanya 50 kasus yang diketahui telah mencapai usia 12. Korban selamat dari ectopia cordis tertua adalah Christopher Wall, lahir di Philadelphia pada bulan Agustus 1975. (sun/asp)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Drama Pemboman Fiktif Baghdad: Kisah Penyusupan Mata-mata Irak ke Markas ISIS dan Akhirnya Tewas Dieksekusi
- Senin, 27 Agustus 2018 - 14:57 WIB

Drama Pemboman Fiktif Baghdad: Kisah Penyusupan Mata-mata Irak ke Markas ISIS dan Akhirnya Tewas Dieksekusi

Pada hari di mana empat bom telah mengguncang Baghdad, sebuah mobil penuh dengan bahan peledak yang siap menimbulkan banyak kematian, ...
Ide Unik di Jepang…! Acara Pemakaman Robot Anjing Sebelum Perangkat Kerasnya Didonorkan
- Selasa, 29 Mei 2018 - 17:26 WIB

Ide Unik di Jepang…! Acara Pemakaman Robot Anjing Sebelum Perangkat Kerasnya Didonorkan

Di pinggiran Tokyo, satu kuil Buddha 'berpikiran maju' telah membuat kehebohan lewat ritual pemakaman bagi 'hewan peliharaan' yang sangat istimewa.Dalam ...
Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss
- Selasa, 1 Mei 2018 - 14:36 WIB

Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss

Australia akan kehilangan salah satu ilmuwan terkenalnya dalam pekan ini. Itu, setelah akademisi David Goodall, hanya punya satu keinginan saat ...
Pemuda 23 Tahun ‘Terjebak’ Dalam Tubuh Bayi Ini
- Jumat, 27 April 2018 - 00:30 WIB

Pemuda 23 Tahun ‘Terjebak’ Dalam Tubuh Bayi Ini

Seorang pria berusia 23 menghabiskan hidupnya seolah 'terjebak' di dalam tubuh mungil sesosok bayi seberat 5,6 kilogram. Dia tidak dapat ...
Ayah Pencinta Gadget Sejati, Namai Putrinya Sesuai Merk Smartphone China
- Sabtu, 21 April 2018 - 17:13 WIB

Ayah Pencinta Gadget Sejati, Namai Putrinya Sesuai Merk Smartphone China

Banyak sekali orang yang mengabadikan nama-nama orang atau benda yang disukai menjadi nama anak. Seperti yang dilakukan seorang ayah asal ...
Kepingan ‘Tanah Dewata’ di Pulau Sumatera
- Rabu, 11 April 2018 - 11:42 WIB

Kepingan ‘Tanah Dewata’ di Pulau Sumatera

Aroma dupa langsung tercium saat baru tiba di Kampung Bali. Ya, kampung yang terletak di Dusun VI, Kampung Bali Cipta ...