Sabtu, 26 Mei 2018 | 14.38 WIB
Metro24Jam>Life>Tak Berkategori>Kenapa Ibu Selalu Gendong Bayi di Sebelah Kiri? Ini Alasannya!

Kenapa Ibu Selalu Gendong Bayi di Sebelah Kiri? Ini Alasannya!

Rabu, 25 Januari 2017 - 15:11 WIB

IMG-65

Jessica Alba menggendong bayi. (PacificCoastNews)

MEDAN, metro24jam.com – Membungkuk, mengangkat, membawa, mendorong, menyeret, memeluk dan menenangkan–lengan seorang ibu bisa melakukan banyak hal.

Sama seperti semut yang mampu mengangkat beban hingga 100 kali berat badannya, dalam beberapa tahun pertama kehidupan seorang bayi, setiap hari seakan-akan menjadi satu pekerjaan fisik berat bagi seorang ibu.

Menggendong bayi adalah naluri alamiah dan terus berevolusi.

Tapi apakah Anda memperhatikan bahwa seorang ibu cenderung untuk menggendong anak-anak mereka di pinggul kiri?

Ternyata, preferensi lateral yang ini bukan hanya sebuah kebetulan, melainkan satu tindakan naluriah luar biasa yang dilakukan tubuh kita.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekologi & Evolusi Alam, seorang ibu akan menggendong bayi mereka di sebelah kiri untuk merangsang otak kanan.

Fungsi utama otak kanan inilah yang menjadi alasan kenapa seorang ibu memilih bagian kiri. Dan itu terjadi secara alamiah.

Seorang ibu bisa membaca dan memahami gerak, ekspresi dan suara bayi mereka jika menggendong sang buah hati di sebelah kiri, jika otak kanan telah bereaksi.

Nama teknis untuk hal ini adalah ‘lateralisasi’ dan itu sesuatu merupakan suatu kesamaan yang kita miliki seperti hewan mamalia lainnya, seperti bangsa kera dan ikan paus.

Singa laut, kuda liar dan rusa juga disebut menggunakan lateralisasi terhadap bayinya. Bahkan, studi itu telah melakukan penelitian terhadap 11 spesies berbeda.

Ikan paus juga melakukan hal yang sama. (mirror)

Laporan itu menjelaskan, “Posisi bayi di sisi kiri ibu mungkin mengoptimalkan pemantauan ibu dengan mengarahkan informasi sensorik terutama untuk bagian kanan ibu.”

Tidak ada penjelasan apa yang akan terjadi jika Anda tetap menggendong bayi di sisi kanan. Yang jelas, hal itu tidak mencegah seseorang menjadi orangtua yang lebih baik. (asp)

Sumber: Mirror


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss
- Selasa, 1 Mei 2018 - 14:36 WIB

Setelah Ultah ke-104, Ilmuwan Australia Ini akan Melakukan Perjalanan Kematian Mahal ke Swiss

Australia akan kehilangan salah satu ilmuwan terkenalnya dalam pekan ini. Itu, setelah akademisi David Goodall, hanya punya satu keinginan saat ...
Pemuda 23 Tahun ‘Terjebak’ Dalam Tubuh Bayi Ini
- Jumat, 27 April 2018 - 00:30 WIB

Pemuda 23 Tahun ‘Terjebak’ Dalam Tubuh Bayi Ini

Seorang pria berusia 23 menghabiskan hidupnya seolah 'terjebak' di dalam tubuh mungil sesosok bayi seberat 5,6 kilogram. Dia tidak dapat ...
Ayah Pencinta Gadget Sejati, Namai Putrinya Sesuai Merk Smartphone China
- Sabtu, 21 April 2018 - 17:13 WIB

Ayah Pencinta Gadget Sejati, Namai Putrinya Sesuai Merk Smartphone China

Banyak sekali orang yang mengabadikan nama-nama orang atau benda yang disukai menjadi nama anak. Seperti yang dilakukan seorang ayah asal ...
Kepingan ‘Tanah Dewata’ di Pulau Sumatera
- Rabu, 11 April 2018 - 11:42 WIB

Kepingan ‘Tanah Dewata’ di Pulau Sumatera

Aroma dupa langsung tercium saat baru tiba di Kampung Bali. Ya, kampung yang terletak di Dusun VI, Kampung Bali Cipta ...
Habiskan Waktu Saat Libur Paskah, Sebagian Warga Inggris Terkapar di Jalan
- Minggu, 1 April 2018 - 10:21 WIB

Habiskan Waktu Saat Libur Paskah, Sebagian Warga Inggris Terkapar di Jalan

Penggila pesta di Newcastle dan Birmingham membanjiri kota di malam kedua jelang Jumat Agung, Jumat (30/3/2018) waktu setempat. Tak peduli ...
Ada-Ada Saja! Sekali Antar Rp2 Juta, Istri Gugat Cerai Suami
- Kamis, 22 Februari 2018 - 10:14 WIB

Ada-Ada Saja! Sekali Antar Rp2 Juta, Istri Gugat Cerai Suami

Seorang wanita akhirnya mengajukan cerai karena suaminya selalu meminta agar dia membayarnya hampir Rp2 juta setiap kali sang suami mengantarnya ...