Kamis, 17 Agustus 2017 | 00.21 WIB
Metro24Jam>Life>Tak Berkategori>Kenapa Ibu Selalu Gendong Bayi di Sebelah Kiri? Ini Alasannya!

Kenapa Ibu Selalu Gendong Bayi di Sebelah Kiri? Ini Alasannya!

Rabu, 25 Januari 2017 - 15:11 WIB

IMG-65

Jessica Alba menggendong bayi. (PacificCoastNews)

MEDAN, metro24jam.com – Membungkuk, mengangkat, membawa, mendorong, menyeret, memeluk dan menenangkan–lengan seorang ibu bisa melakukan banyak hal.

Sama seperti semut yang mampu mengangkat beban hingga 100 kali berat badannya, dalam beberapa tahun pertama kehidupan seorang bayi, setiap hari seakan-akan menjadi satu pekerjaan fisik berat bagi seorang ibu.

Menggendong bayi adalah naluri alamiah dan terus berevolusi.

Tapi apakah Anda memperhatikan bahwa seorang ibu cenderung untuk menggendong anak-anak mereka di pinggul kiri?

Ternyata, preferensi lateral yang ini bukan hanya sebuah kebetulan, melainkan satu tindakan naluriah luar biasa yang dilakukan tubuh kita.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekologi & Evolusi Alam, seorang ibu akan menggendong bayi mereka di sebelah kiri untuk merangsang otak kanan.

Fungsi utama otak kanan inilah yang menjadi alasan kenapa seorang ibu memilih bagian kiri. Dan itu terjadi secara alamiah.

Seorang ibu bisa membaca dan memahami gerak, ekspresi dan suara bayi mereka jika menggendong sang buah hati di sebelah kiri, jika otak kanan telah bereaksi.

Nama teknis untuk hal ini adalah ‘lateralisasi’ dan itu sesuatu merupakan suatu kesamaan yang kita miliki seperti hewan mamalia lainnya, seperti bangsa kera dan ikan paus.

Singa laut, kuda liar dan rusa juga disebut menggunakan lateralisasi terhadap bayinya. Bahkan, studi itu telah melakukan penelitian terhadap 11 spesies berbeda.

Ikan paus juga melakukan hal yang sama. (mirror)

Laporan itu menjelaskan, “Posisi bayi di sisi kiri ibu mungkin mengoptimalkan pemantauan ibu dengan mengarahkan informasi sensorik terutama untuk bagian kanan ibu.”

Tidak ada penjelasan apa yang akan terjadi jika Anda tetap menggendong bayi di sisi kanan. Yang jelas, hal itu tidak mencegah seseorang menjadi orangtua yang lebih baik. (asp)

Sumber: Mirror


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
‘Piring Sushi’ Tiba-tiba Bangkit dan Mengamuk
- Kamis, 1 Juni 2017 - 13:32 WIB

‘Piring Sushi’ Tiba-tiba Bangkit dan Mengamuk

Sebuah video di mana seorang model sushi menyerang pelanggan yang dituding melakukanb pelecehan seksual terhadap dirinya menjadi viral di media ...
Tak Jadi Bunuh Diri, Dihukum Denda RM1000 Lagi
- Rabu, 5 April 2017 - 00:44 WIB

Tak Jadi Bunuh Diri, Dihukum Denda RM1000 Lagi

Seorang mantan napi yang berusaha melakukan bunuh diri dengan melompat dari atap stasiun monorail, dijatuhi denda RM1000 (±Rp 3 juta) ...
Ternyata Bukan di Indonesia Saja, Inggris Juga Punya Sindikat Pengemis!
- Selasa, 28 Februari 2017 - 11:48 WIB

Ternyata Bukan di Indonesia Saja, Inggris Juga Punya Sindikat Pengemis!

Tak hanya di Indonesia, ternyata di negara maju seperti Inggris juga ditemukan geng atau sindikat yang berpura-pura jadi pengemis demi ...
Pasangan Ini Hidup Bersama, Tapi Si Cewek Boleh Tidur dengan Pria yang Disukainya, Alamakkk…!
- Rabu, 15 Februari 2017 - 09:19 WIB

Pasangan Ini Hidup Bersama, Tapi Si Cewek Boleh Tidur dengan Pria yang Disukainya, Alamakkk…!

Mereka ini mungkin pasangan paling aneh atau gila di dunia. Keduanya sudah hidup bersama selama dua tahun dengan kesepakatan hubungan ...
Pemko Medan Promosikan Pariwisata Kota Lewat Youtube
- Kamis, 12 Januari 2017 - 13:53 WIB

Pemko Medan Promosikan Pariwisata Kota Lewat Youtube

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kota Medan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan telah mengambil langkah melakukan promosi dengan ...
Bah…!!! Cowok Bisa Hamil…?!!!
- Minggu, 8 Januari 2017 - 07:29 WIB

Bah…!!! Cowok Bisa Hamil…?!!!

Seorang mantan karyawan Supermarket Asda akan menjadi 'pria' Inggris pertama yang mengalami kehamilan.Hayden Cross, asal Gloucester, adalah seorang wanita yang ...